Persyaratan Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk melamar pekerjaan tentunya harus mengetahui persyaratan membuat surat lamaran kerja dengan format penulisan yang baik dan bahasa yang benar. Cara membuat surat lamaran kerja pun bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan apa yang menjadi keahlian atau keinginan anda dengan melengkapi berbagai macam persyaratan seperti kartu kuning dan surat penting lainnya.

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan persyaratan yang lengkap pastinya dapat anda lihat pada kumpulan contoh surat lamaran kerja. Nah untuk beberapa persyaratan yang paling utama yang di butuhkan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

Persyaratan Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Data Pribadi

» Nama Lengkap
» Tempat dan Tanggal Lahir
» Alamat
» Telepon / HP
» E-mail (tidak wajib)
» Status Perkawinan

Nomor telpon atau nomer handphone wajib kamu tulis, karna nomor telpon ini yg digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi kamu kalo ada panggilan interview. Tapi kalo gak punya, disarankan menggunakan nomer telpon kerabat/sodara, sahabat, atau orang terdekat kamu.

2. Pendidikan

» Pendidikan formal misalnya: SD/SMP/SMA/Akademi//Diploma/Sarjana, dsb.
» Pendidikan non formal misalnya: kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti.

3. Pengalaman Kerja

Kalo kamu punya pengalaman kerja ada baiknya sebut dan tuliskan dalam surat lamaran kerja kamu. Tapi kalo kamu belum memiliki pengalaman kerja sebaiknya sebutkan kemampuan kamu dalam bidang kerja yg ingin kalian lamar, hal ini akan jadi pertimbangan bagi perusahaan.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

» Daftar Riwayat Hidup / CV (Curriculum Vitae) / Resume
» Foto copy Ijazah terakhir
» Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
» Pas Foto terbaru
» Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
» Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)

Lampiran berfungsi untuk mempertegas surat lamaran kerja yg kamu kirim, dan bisa berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kalian sebagai karyawan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja Anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta Anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu hurufpun yang tertingga atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum Anda print surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang Anda buat.

2. Tulis Surat Lamaran Kerja Menggunakan Komputer

Sebisa mungkin usahakan menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer. Jangan membeli dari kedai photocopy atau menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Akan tetapi terkadang ada beberapa perusahaan dan biasanya ini perusahaan BUMN (PNS) yang meminta menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, hal ini boleh Anda lakukan. Secara psikologis surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik dengan komputer terkesan profesional dan mampu menggunakan komputer.

3. Struktur Surat Lamaran Kerja

Mungkin struktur dan tata letak surat lamaran kerja Anda sudah tahu, disini saya hanya mengingtkan kembali.

4. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran

Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika Anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini Anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah Anda raih selama ini.

5. Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta

Masalah gaji dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang sensitif dan memiliki penilaian tersendiri oleh HRD. Jika perusahaan tidak meminta Anda untuk menuliskan gaji yang Anda minta, jangan ditulis, begitu pula dengan sebaliknay.

6. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda

Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja Anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan Anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai Antisipasi agar Anda tidak lupa.

7. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih

Nah, pada poin yang ketujuh ini mungkin Anda sudah tahu. Sekedar tambahan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, usahakan print kembali surat lamaran kerja Anda.

Persyaratan Membuat Surat Lamaran Kerja serta Tips Menulis Surat Lamaran Kerja di atas semoga saja dapat membantu anda untuk meraih pekerjaan yang anda inginkan.